Logo KOPHIHari Peduli Sampah Nasional diperingati secara serentak oleh berbagai komunitas dan lapisan di seluruh Indonesia. Sekitar 200-an komunitas turut andil dalam gerakan bersama yang mengusung visi Indonesia bebas sampah 2020 ini. Begitu pun KOPHI ambil bagian dalam helatan kolosal ini, termasuk KOPHI yang tersebar di daerah-daerah.

Pada peringatan HPSN 2016 (21/2), KOPHI berfokus pada edukasi lingkungan bagi anak-anak. Dengan tajuk “pungut, pilah, olah”, KOPHI melaksanakan edukasi di PAUD Melati RW 01 Kuningan Barat, Jakarta. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Lurah Kuningan Barat sekaligus berpesan bahwa anak-anak dari sekarang harus mulai dididik untuk menjaga dan mencintai lingkungannya dimulai dari hal-hal kecil seperti memungut sampah yang ada di sekitarnya.

Sejak pagi, murid PAUD berkumpul ditemani oleh para orang tua serta gurunya. Pertama, mereka diberikan informasi interaktif tentang kondisi sampah saat ini, ancaman bahaya bagi manusia di sekitarnya serta jenis-jenis sampah. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok serta mentor dari KOPHI. Kemudian, murid PAUD menelusuri setiap sudut gang, kemudian dipungut dan dipilah berdasarkan jenis sampahnya. Antusiasme murid PAUD semakin tinggi karena mereka dituntut untuk berlomba mengumpulkan sebanyak mungkin sampah.

Setelah memungut dan memilah sampah-sampah, murid PAUD ditemani oleh para orang tua dan guru mengolah sampah tersebut menjadi barang yang bisa digunakan yang turut difasilitasi oleh komunitas Ebi Bag. Dengan kreativitasnya, murid PAUD membuat gantungan kunci dari sampah plastik dan beberapanya membentuk seperti hewan yang disukai. Sedangkan para orang tua dan guru juga menghasilkan produk dari sampah plastik seperti membuat tas mini, dompet, hingga tempat pensil.

Antusiasme yang tinggi cukup terasa. Intan, salah satu murid PAUD menuturkan, “Aku seneng banget disini bisa bareng kakak-kakaknya belajar ambilin sampah. Terus aku buat ini (gantungan kunci) dua”. Kegembiraan senada pun disampaikan oleh Ivan, koordinator kegiatan, “Sangat senang bisa main kesini, terus belajar bareng sama pahlawan-pahlawan kecil kita ini. Semoga mereka bisa lebih cinta lingkungan deh”.

Narahubung: Diky (085890519898) – Kepala Divisi Media dan Komunikas KOPHI

Salam Lestari,

Media dan Komunikasi
Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI)
Gedung Setiabudi 2 Lantai 2 Suite 207B-C Unit.2 Jl. H.R Rasuna Said Kav. 62 Kuningan Kelurahan Karet Kecamatan Setiabudi Jakarta 12920

Narahubung: 085890519898 (Diky)
Website www.kophi.or.id
Twitter: @KOPHI_
Facebook: Koalisi Pemuda Hijau Indonesia
Instagram: @_kophi
Line: @iis6098i