Green Riders Kunjungi Indonesia

Kenny Peavy dan Jamie Raskin, inisiator proyek GREEN Riders: Southeast Asia berencana mengunjungi Indonesia minggu depan.

GREEN Riders adalah program yang difasilitasi oleh Environmental Education Alliance of South East Asia (EEASEA) yang berupaya memromosikan kepedulian sosial dan konservasi kepada murid-murid sekolah di Asia Tenggara.

Dimulai bulan lalu, Jamie dan Kenny melakukan kampanye keliling Asia Tenggara dengan menggunakan sepeda dari bambu dan alat-alat transportasi ramah lingkungan lain dari Phuket, Thailand ke Bali, Indonesia.

Sepanjang perjalanan mereka akan merekam kekayaam alam dan keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan bertemu dengan berbagai organisasi dan individu yang terlibat langsung dalam pengelolaan dan perlindungannya.

Mereka juga akan bertemu dengan masyarakat untuk belajar langsung mengenai upaya konservasi mereka dan memromosikan pendidikan lingkungan untuk melindungi kekayaan alam di Asia Tenggara.

Setelah menempuh jarak 1.500 km berkeliling Thailand dan Malaysia, saat ini mereka berada di Singapura untuk mendokumentasikan upaya konservasi di Negeri Singa tersebut.

Kenny adalah warga Amerika yang memiliki pengalaman mengajar di Malaysia, sementara Jamie adalah warga Kanada yang mengajar di Jepang. Kenny baru saja berhenti bekerja dan berencana mendirikan lembaga swadaya masyarakat di Bali, Indonesia.

Perjalanan mereka ke Singapura adalah bagian dari kampanye bersepeda selama 6 minggu keliling Asia Tenggara. Minggu depan rencananya mereka akan mengunjungi Indonesia.

Kenny dan Jamie akan menempuh perjalanan menggunakan kapal Ferry dari Singapura ke Batam dan kembali naik Ferry dari Batam ke Jakarta. Setelah itu mereka akan menempuh perjalanan darat ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api. Dari Yogyakarta mereka akan ke Surabaya untuk selanjutnya kembali bersepeda menuju Bali.

Di Singapura mereka bertemu dengan sejumlah komunitas hijau untuk berbagi ide-ide inovatif dan pengalaman mereka sekaligus mendokumentasikan gerakan lingkungan di Singapura.

Nor Lastrina Hamid, koordinator 350 Singapore, salah satu lembaga yang menfasilitasi kegiatan GREEN Riders di Singapura menyatakan, program ini tidak hanya memromosikan penggunaan alat transportasi rendah karbon namun juga memromosikan perlunya menjaga bumi dari perubahan iklim.

“Dengan dukungan yang kuat dari Program Young NTUC for 350 Singapore, kami yakin perubahan menuju gaya hidup ramah lingkungan akan terjadi. Singapura bisa menjadi contoh negara kepulauan kecil yang berhasil menyeimbangkan pertumbuhan populasi dan ruang hijau,” ujarnya kepada Hijauku.com.

Alan Yeap, Chief Executive Officer, Sustainable Green Solutions menyatakan, “Dunia perlu solusi inovatif baru guna memromosikan gerakan lingkungan, salah satu cara terbaik adalah melalui pendidikan.”

Dokumentasi yang berbentuk video ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pelajaran yang membantu siswa dan guru untuk belajar mengenai upaya konservasi dan tanggung jawab sosial. Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa diakses melalui situs Greenriders Asia.

Redaksi Hijauku.com

By |2013-08-17T17:49:54+00:0020 July 2012|Gaya Hidup, Komunitas, Lingkungan, Terbaru|6 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011, kami terus berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan berkelanjutan.

6 Comments

  1. Sofyan A. Siregar 21 July 2012 at 4:04 AM

    Saya mendukung upaya2 mengHIJAU-kan bumi >

  2. Redaksi Hijauku.com 21 July 2012 at 4:05 AM

    Terima kasih dukungannya

  3. Mohamad Zaini 21 July 2012 at 8:12 AM

    Mohon info apakah di Indonesia ada kantor perwakilan Green Riders…..

  4. Redaksi Hijauku.com 21 July 2012 at 9:42 AM

    Silahkan diakses di situs yang sudah kami sertakan di artikel, semoga membantu

  5. H.Asrul Hoesein 22 July 2012 at 1:34 AM

    Salut dengan kegiatan ini, Yuk shar dalam pengelolaan sampah berbasis komunal dengan orientasi ekonomi. Ini salah satu cara pengelolaan lingkungan yang sustainable guna Stop Global Warming

    Salam Hijau
    H.Asrul Hoesein
    cp: 081287783331
    invite BBM 282417a4

Leave A Comment

CAPTCHA *