Tips Berlari Lebih Cepat dan Sehat

Anda suka berlari? Ilmuwan kini menemukan cara cepat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina Anda.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Kopenhagen menemukan konsep latihan baru bernama “10-20-30″ yang mampu meningkatkan kesehatan dan stamina pelari dengan program latihan yang lebih ringan.

Hasil penelitian tersebut dimuat dalam “Journal of Applied of Physiology” akhir Mei lalu. Penelitian ini menyimpulkan, para pelari bisa meningkatkan kesehatan dan stamina mereka walau mereka mengurangi jumlah total latihan.

Dengan melakukan latihan selama 7 minggu, pelari jarak 1500 meter bisa memercepat waktu tempuh hingga 23 detik dan hampir satu menit untuk pelari jarak 5 km – walau porsi latihan dikurangi hingga separuhnya.

Penelitian ini melibatkan 18 pelari dengan menggunakan konsep pelatihan “10-20-30″ yang dikembangkan oleh peneliti dari Fakultas Ilmu Olah Raga Universitas Kopenhagen.

Selain bisa meningkatkan stamina, para pelari juga bisa menurunkan tekanan dan kandungan kolesterol dalam darah.

“Kami terkejut dengan temuan kami. Para pelari masih bisa meningkatkan vitalitas mereka walau mereka sudah melakukan aktivitas ini selama beberapa tahun,” ujar Professor Jens Bangsbo, yang memimpin penelitian ini.

Mahasiswa doktoral, Thomas Gunnarsson menambahkan, kestabilan emosi para pelari dalam penelitian ini juga meningkat. “Stres mereka berkurang dibanding mereka yang melakukan program pelatihan biasa,” jelas Gunnarsson.

Konsep pelatihan “10-20-30″ terdiri dari lari pemanasan dengan intensitas rendah sejauh 1 km, dilanjutkan dengan 3-4 sesi lari selama 5 menit dengan waktu istirahat masing-masing selama 2 menit.

Dalam setiap sesi, pelari melakukan 5 kali lari selama 1 menit, yang dibagi menjadi 30, 20 dan 10 detik sesi lari dengan intensitas rendah, sedang dan hampir maksimal.

Menurut Professor Bangsbo, konsep latihan “10-20-30″ ini bisa diterapkan dengan mudah dalam jadwal yang sibuk. Pelari hanya memerlukan waktu latihan selama 20-30 menit termasuk pemanasan.

Latihan ini juga bisa dilakukan oleh pelari dengan tingkat stamina yang berbeda-beda karena konsep “10-20-30″ ini memiliki intensitas yang beragam dan disertai waktu istirahat selama 2 menit.

“Latihan ini sungguh inspiratif. Saya tidak sabar untuk segera menerapkannya dan berlari bersama yang lain. Kini, saya bisa berlari dengan lebih cepat dari yang saya bayangkan,” ujar Katrine Dahl, salah satu pelari yang diteliti.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , ,



Related Posts

Ubrayj02 @ Filckr
Mendaur Ulang Tas Menjadi ‘Pannier Bag’
Supermarket aisle - David Anstiss @ Geograph.org.uk
Manfaat Riil Praktik Bisnis Berkelanjutan
BYEE Indonesia Poster 2013
Bayer Undang Kaum Muda Jadi Solusi Krisis Air
Testing biofuel - US Navy
Bahan Bakar Nabati Efektif Pangkas Emisi
NOAA's National Ocean Service @ Flickr
Terumbu Karang Terancam Musnah pada Akhir Abad Ini
Clean Energy - Brookings
Energi Bersih: Indonesia Mau Indonesia Bisa


Running - familymwr @ Flickr
Tips Berlari Lebih Cepat dan Sehat

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube