WWF Gelar Lomba Lari untuk Konservasi Badak

Jakarta (31/5) – WWF Indonesia dan Komunitas Indo Runners mengadakan “Run Rhino Run”, sebuah kegiatan lari lintas alam 10 kilometer untuk meningkatkan kepedulian publik bagi konservasi badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Kegiatan ini akan diadakan pada 24 Juni 2012 diikuti oleh 50 pelari utama yang terpilih dari kompetisi online di jejaring sosial. Selain kelima puluh pelari terpilih,, kegiatan yang didukung oleh Balai TN Ujung Kulon ini juga terbuka bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) memiliki arti khusus bagi WWF-Indonesia, karena awal keterlibatan yayasan konservasi ini diawali dengan penelitian mamalia langka ini pada tahun 1962. “Badak Jawa adalah salah satu mamalia besar terlangka di dunia dengan hanya sekitar 50 individu tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon,” kata Anwar Purwoto, Direktur Program Kehutanan, Air Tawar dan Spesies WWF-Indonesia.

Setelah populasi badak Jawa lain di Vietnam dinyatakan punah pada 2011, TN Ujung Kulon menjadi satu-satunya perlindungan terakhir bagi spesies ini. “WWF-Indonesia berpendapat upaya konservasi yang dilakukan hanya akan berhasil apabila mendapat dukungan dari masyarakat luas, sehingga kita bisa menyelamatkan satwa yang menjadi kekayaan dan kebanggaan bangsa Indonesia ini,” lanjutnya.

Salah satu kegiatan kampanye publik yang dirasa tepat adalah kegiatan lari lintas alam di kawasan penyangga Taman Nasional Ujung Kulon dengan menggandeng komunitas Indo Runners. “Kawasan penyangga TN Ujung Kulon memiliki potensi untuk menjadi lokasi yang menarik bagi pecinta olah raga lari,” ungkap Yasha Chatab dari Indo Runners.

Keunikan dan keindahan alam Ujung Kulon menarik komunitas ini untuk bekerjasama dengan WWF. “Indo Runners berharap dapat memasyarakatkan olah raga lari dengan kegiatan yang kreatif, beragam dan bermanfaat. Pengalaman berlari di kawasan ini akan menimbulkan keinginan untuk menjaga kelestariannya, dan diharapkan peserta akan menyebarkan pesan ini ke publik yang lebih luas,” lanjutnya lagi.

Selain bagian perayaan 50 Tahun WWF di Indonesia, Run Rhino Run menjadi salah satu agenda dari Tahun Badak Internasional. “Kementerian Kehutanan melalui Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) mengapresiasi kampanye publik melalui kegiatan lari lintas alam “Run Rhino Run” di kawasan penyangga TN Ujung Kulon. Kegiatan ini juga sangat sejalan dengan Tahun Badak Internasional yang akan segera dideklarasikan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Dr. Ir. Novianto Bambang W., M.S.i, Direktur Direktorat KKH.

Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi konservasi badak di dunia karena memiliki dua spesies badak yaitu badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis). Keduanya menyandang status kritis terancam punah menurut badan konservasi dunia IUCN.

“Sinde sebagai perusahaan industri jamu dan obat-obatan Indonesia yang menggunakan bahan alam sangat peduli dengan kelestarian alam Indonesia. Kami bangga akan kekayaan alam Indonesia dan fakta bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki dua jenis badak.

“Badak merupakan icon kami untuk produk Larutan Penyegar yang telah kami produksi sejak 1981. Kami tentunya peduli dan tidak menghendaki badak di Indonesia hanya tersisa sebagai ‘icon’ di produk saja. Oleh karena itu PT Sinde Budi Sentosa berkomitmen untuk bekerja sama dengan WWF dalam pelestarian Badak agar harta yang tidak ternilai ini dapat terus eksis sampai ke generasi selanjutnya.

“Kegiatan ini merupakan awal dari serangkaian program kerja sama yang akan kami laksanakan bersama WWF,” seperti diungkapkan oleh Bapak Budi Yuwono dari PT Sinde Budi Sentosa produsen Larutan Penyegar cap Badak

Kompetisi online untuk menjaring 50 pelari “Run Rhino Run” akan dilangsungkan dari 31 Mei sampai 14 Juni 2012 melalui fan page RhinoCare di jejaring sosial facebook (www.facebook.com/RhinoCare).

Setelah tahapan kompetisi online, kegiatan lari lintas alam “Run Rhino Run” akan diadakan tanggal 24 Juni 2012. Berbeda dengan kegiatan lari yang banyak diadakan di berbagai kota, “Run Rhino Run” menawarkan lintasan unik dan alami, melewati pedesaan dan pantai di kawasan penyangga Taman Nasional Ujung Kulon. Selain kegiatan lari, peserta terpilih akan memperoleh pemaparan mendalam mengenai konservasi dan habitat badak Jawa, kehidupan masyarakat di kawasan penyangga dan potensi ekowisata yang dimiliki oleh kawasan tersebut.

“Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kami, Samsung mendukung upaya konservasi yang dilakukan di kawasan Ujung Kulon, terutama untuk penyelamatan badak Jawa. Diharapkan event “Run Rhino Run” ini dapat meningkatkan kepedulian publik akan konservasi badak Jawa dan habitatnya,” kata Andry Sutamto, Product Manager Mobile Business Samsung Indonesia

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Adhi Rachmat S Hariyadi

Project Leader Ujung Kulon

+62818134178 ahariyadi@wwf.or.id

Annisa Ruzuar

Communication Officer for Forest Fresh Water and Species Program

+6281320044343 asruzuar@wwf.or.id

Catatan Untuk Editor:

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) adalah spesies badak yang paling langka diantara kelima spesies badak yang ada di bumi dengan estimasi populasi sebanyak 50 individu di Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten. Spesies ini hingga awal abad 20 masih bisa ditemui di Semenanjung Indo-Cina dan Sumatera selain di Pulau Jawa. Berbeda dengan spesies badak lain yang dapat ditemukan di kebun binatang atau lokasi konservasi ex-situ, badak Jawa hanya hidup di habitat alamnya dengan tingkat reproduksi yang cukup rendah.

Pelari utama, dalam event RUN RHINO RUN sebanyak 50 peserta, diseleksi melalui kompetisi online yang diadakan pada 31 Mei – 24 Juni. Syarat dan ketentuan keikutsertaan dapat dilihat di www.facebook.com/RhinoCare atau www.wwf.or.id/RhinoCare

WWF-Indonesia meluncurkan program RhinoCare dengan visi memperluas lingkup kerja untuk konservasi Badak Jawa melalui skema pendanaan yang lebih baik. Program RhinoCare juga ditujukan sebagai usaha pengembangan untuk mendekatkan berbagai elemen masyarakat terutama para korporasi dan multi pihak dengan upaya konservasi Badak Jawa. Program tersebut didesain untuk berbagai tingkatan masyarakat, mulai dari individu, kelompok, keluarga, korporasi hingga organisasi nasional maupun Internasional agar dapat ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian Badak Jawa.

Lembar fakta badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) bisa di download di link ini.

Tentang WWF

WWF adalah salah satu organisasi konservasi independen terbesar dan disegani, dengan lebih dari 5 juta supporter dan jaringan global yang aktif dilebih dari 100 negara. WWF memiliki misi untuk menghentikan degradasi alam dan lingkungan di bumi dan membangun masa depan kehidupan bagi manusia selaras dengan alam, melalui penyelamatan keanekaragaman hayati dunia, kami memastikan pemanfaatan sumberdaya terbaharukan terus berkelanjutan, dan mempromosikan pengurangan polusi dan konsumsi limbah. Kunjungi www.wwf.or.id untuk informasi lebih lanjut

Tentang Indo Runners

Indo Runners adalah komunitas lari yang terbuka bagi umum dan memberi kesempatan bagi para anggotanya untuk melakukan kegiatan olahraga lari bersama/berkelompok, baik secara rutin maupun pada acara spesial. Informasi lebih lanjut facebook group: Indo Runners dan follow @IndoRunners

Tags: , , , , , , , , , ,



Related Posts

Natural gas field -  Rapidtravelchai @ Fotopedia
Ekstraksi Gas Berpotensi Cemari Air Tanah
EcoBici México City - Nomadistas
Membangun Sistem Transportasi Kelas Dunia
Global warming is uncool - Takver @ Flickr
Tahun 2012 adalah Tahun Aksi
http://www.dahlstroms.com
Perusahaan TI Terhijau Versi Greenpeace
Euros in fuel tank - Images of Money
Mobil Baru di Eropa Lebih Boros dan Polutif
Mauna Loa Observatory - Mary Miller
Konsentrasi CO2 Tembus 400 PPM