Bukti Pemanasan Global Ada di Australia

Analisis data iklim selama 1000 tahun terakhir berhasil membuktikan terjadinya peningkatan suhu di wilayah Australia.

Hal ini terungkap dalam siaran pers Universitas Melbourne yang diterbitkan Rabu (16/5).

Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menggunakan 27 catatan iklim alami (natural climate records) untuk merekonstruksi perubahan suhu di wilayah Australasia selama 1000 tahun terakhir.

Wilayah Australasia adalah wilayah yang mencakup Australia, Selandia Baru dan pulau-pulau di sekitarnya di Samudra Pasifik

Penelitian ini dipimpin oleh peneliti dari Universitas Melbourne dengan menggunakan berbagai macam indikator alami seperti lingkaran pohon (tree rings), koral dan inti es (ice cores) guna meneliti perubahan suhu di wilayah Australasia selama 1000 tahun terakhir dan membandingkannya dengan melakukan simulasi iklim.

Dr Joelle Gergis, Kepala Peneliti dari Universitas Melbourne menyatakan, analisis data selama 1000 tahun terakhir mengungkapkan, telah terjadi peningkatan suhu (warming) di wilayah Australasia sejak tahun 1950.

“Peningkatan suhu di wilayah ini terjadi akibat perilaku manusia,” ujar Dr Joelle. Penelitian ini diterbitkan dalam “Journal of Climate” dan akan menjadi bagian dari laporan IPCC yang ke-5.

Catatan alami yang dikenal dengan nama ‘palaeoclimate’ – seperti lingkaran pohon (tree rings), koral dan inti es – menurut para peneliti berperan penting mengevaluasi iklim global dan regional sebelum dimulainya praktik pencatatan suhu bumi pada tahun 1910.

Dr Gergis mengumpulkan semua catatan alami ini selama berpuluh tahun dibantu oleh lebih dari 30 peneliti dari Australia, Selandia Baru dan peneliti lain dari seluruh dunia.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , , ,



Related Posts

Energy farm - Brian Robert Marshall @ Geograph.org.uk
Mekanisme Energi Bersih Terbaru dari PBB
Lambang Kota Bukittinggi
Peta Hijauku – Kota Bukittinggi
EFG-BN Network
Bahan Bakar ‘Hijau’ Siap Masuk Pasar
Recycling bins - EpSos.de @ Flickr
Indonesia Miliki Aturan Sampah Baru
BikeLane-Hijauku
Menciptakan Jalur Sepeda Ideal
QNET Indonesia Logo
QNet Indonesia Tanam Buah Langka


Melbourne Yarra River - Adam Selwood @ Flickr
Bukti Pemanasan Global Ada di Australia

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube