Cara Mudah Menghitung Energi dan Emisi CO2

Tim Hijauku.com mengembangkan kalkulator penghitung konsumsi energi dan emisi CO2 sederhana yang bisa digunakan secara gratis.

Berawal dari kegelisahan menemukan alat untuk menghitung konsumsi energi dan emisi CO2 yang mudah digunakan, tim Hijauku.com mengembangkan program ini.

Program kalkulator energi dan emisi CO2 ini berbentuk tabel sederhana yang bisa digunakan secara online untuk menghitung konsumsi energi dan emisi CO2, setelah kita menggunakan berbagai moda transportasi atau alat-alat rumah tangga.

Pengguna hanya perlu memasukkan data pada kolom waktu dan jarak untuk mengetahui konsumsi energi dan jumlah emisi CO2 yang mereka hasilkan.

Di kolom utama terdapat daftar berbagai jenis alat-alat elektronik (untuk kalkulator rumah tangga) atau berbagai alat transportasi (untuk kalkulator transportasi) yang biasa kita gunakan setiap hari, mulai dari alat pendingin ruangan, charger ponsel, kulkas, mobil pribadi, bis kota, hingga mesin cuci.

Semua moda transportasi dan alat elektronik tersebut memiliki standar konsumsi energi dalam satuan BTU (British Thermal Unit).

Sebagai contoh apabila kita menggunakan pendingin ruangan selama satu jam, kita akan mengonsumsi energi setara dengan 171 BTU. Cara yang sama bisa kita terapkan untuk menghitung konsumsi energi pada moda transportasi. Misal jika kita naik mobil berbahan bakar bensin sejauh 1  km, energi yang kita konsumsi setara dengan 2218 BTU.

Dengan menghitung konsumsi energi, kita juga bisa menghitung jumlah energi yang kita perlukan (dalam liter dan kilogram) untuk menghasilkan energi tersebut.

Dari sini, kita lalu mencari data emisi yang dihasilkan dari penggunaan setiap liter atau setiap kilogram masing-masing sumber energi tersebut. Dengan penghitungan yang sederhana, ditemukan jumlah emisi CO2 yang dihasilkan oleh setiap sumber energi.

Hasilnya adalah sebuah kalkulator konsumsi energi dan emisi CO2 sederhana yang bisa dipakai setiap hari dengan mudah dan gratis. Anda bisa menggunakan kedua kalkulator tersebut di sini.

Dengan menggunakan kalkulator ini, kita diharapkan bisa semakin bijaksana dalam menggunakan energi. Setiap energi yang kita gunakan, menyumbang emisi CO2 – gas rumah kaca yang memicu pencemaran lingkungan, pemanasan global dan perubahan iklim.

Kalkulator ini masih terus dalam tahap pengembangan. Masukan dari Anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih sudah menggunakan Kalkulator Energi dan Emisi CO2 dari Hijauku.com.

Redaksi Hijauku.com

By | 2013-08-17T18:40:00+00:00 9 May 2012|Berita, Ekonomi, Lingkungan, Teknologi, Terbaru|7 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

7 Comments

  1. Abah Epoy 10 May 2012 at 11:56 AM

    Informasi yg sangat bermanfaat, baik bagi individu maupun korporasi. Kalkulator ini langsung kami sarankan ke bagian SHE utk digunakan sebagai alat kontrol konsumsi energi di PT GarudaFood Putra Putri Jaya Business Unit Rancaekek, Bandung. Terimakasih dan apresiasi kami buat redaksi hijauku.com…
    kind regards…

    abah

  2. Redaksi Hijauku.com 10 May 2012 at 2:35 PM

    Sama-sama terima kasih Abah Epoy, semoga bermanfaat. Mohon masukannya karena tabel ini masih dalam tahap pengembangan (versi beta).

    Salam lestari

  3. Taufik Octaviano 20 May 2012 at 1:38 AM

    Dear Redaksi Hijauku,

    Saya sangat tertarik dengan kalkulator hijau ini dan sangat berterima kasih. Saya sangat antusias untuk menerapkan ini di perusahaan kami. Namun begitu saya ada beberapa pertanyaan mengenai kalkulator hijau. Berikut pertanyaan saya :
    1. Bagaimana untuk menghitung di perkantoran karena tidak mungkin untuk menghitung satu persatu alat dengan konsumsi peralatan. Apakah ada cara untuk menghitung melalui penggunaan KWH listrik bulanan di perusahaan daripada menghitung satu persatu alat beserta konversinya dalam BTU?
    2. Bagaimana untuk menghitung konversi dari oli atau minyak pelumas?
    3. Untuk BBM apakah cukup kita menghitung sesuai di kalkulator hijau karena BBM terdiri dari berbagai jenis seperti bensin, solar, avtur dsb.

    Mohon bantuannya dan terima kasih atas jawabannya.

  4. Redaksi Hijauku.com 20 May 2012 at 6:53 AM

    Halo Taufik terima kasih atas ketertarikannya ke Kalkulator Hijauku. Kami jawab satu persatu yah.
    1. Kunci untuk menghitung konsumsi energi dan emisi CO2 adalah mengetahui berapa energi yang diperlukan untuk setiap alatnya. Saat ini kami baru mengumpullan data-data yang kami gunakan untuk menghitung konsumsi energi dan emisi rumah tangga dan sektor transportasi. Terima kasih atas masukannya, kami akan kembangkan kalkulator untuk menghitung emisi dari konsumsi listrik dalam KWH. Kalkulator Hijauku dipakai lebih untuk pengguna pribadi dan rumah tangga. Pengguna pribadi biasanya kesulitan untuk menghitung dalam KwH, jadi variabel yang kita pakai ada WAKTU dan JARAK, yang lebih mudah untuk dicatat.
    2. Mengenai konversi dari oli atau minyak pelumas, data belum kami dapatkan berapa besar emisi CO2 untuk setiap liter pemakaiannya. Memang untuk perusahaan kebutuhan oli sangat besar, sekali lagi ini PR bagi kami untuk terus menyempurnakan Kalkulator Hijauku. Template yang Anda unduh silahkan dimodifikasi dan dikembangkan, tentu saja dengan memberikan kredit ke Hijauku.com.
    3. BBM yang kita maksud di sini adalah Bensin dan Solar, keduanya adalah bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, memang variabel yang kita pakai adalah ukuran BTU rata-rata, namung kalau dibandingkan dengan avtur kami kira perbandingannya agak berbeda. Terima kasih masukannya. Semoga bermanfaat.

    Salam,

    Redaksi Hijauku.com

  5. Rian 23 January 2013 at 11:22 PM

    dear hijauku
    saya mau menayakan perhitungan secara manual mengenai emisi gas CO2 yang diubah kedalam Kwh untuk perbandingan penggunaan PJU tenaga surya pada tol dengan PJU yang digunakan di tol. sekiranya dapat dibantu memberikan rumus dan contoh perhitungannya . .
    terimakasi hujauku

  6. Redaksi Hijauku.com 24 January 2013 at 3:57 PM

    Halo rekan Rian, perhitungan manual emisi CO2 per KWH bisa mengikuti panduan berikut ini: http://www.epa.gov/greenpower/pubs/calcmeth.htm#kilowatt, semoga membantu

  7. cecep ilyas 25 October 2015 at 11:00 AM

    dear tieam,
    mohon bantuannya, adakah kalkulator yang memudahkan kita untuk menghitung konversi penggunaan listrik, solar/bbm

    terima kasih

    cecep ilyas

Leave A Comment