Cara Mudah Menghitung Energi dan Emisi CO2

Tim Hijauku.com mengembangkan kalkulator penghitung konsumsi energi dan emisi CO2 sederhana yang bisa digunakan secara gratis.

Berawal dari kegelisahan menemukan alat untuk menghitung konsumsi energi dan emisi CO2 yang mudah digunakan, tim Hijauku.com mengembangkan program ini.

Program kalkulator energi dan emisi CO2 ini berbentuk tabel sederhana yang bisa digunakan secara online untuk menghitung konsumsi energi dan emisi CO2, setelah kita menggunakan berbagai moda transportasi atau alat-alat rumah tangga.

Pengguna hanya perlu memasukkan data pada kolom waktu dan jarak untuk mengetahui konsumsi energi dan jumlah emisi CO2 yang mereka hasilkan.

Di kolom utama terdapat daftar berbagai jenis alat-alat elektronik (untuk kalkulator rumah tangga) atau berbagai alat transportasi (untuk kalkulator transportasi) yang biasa kita gunakan setiap hari, mulai dari alat pendingin ruangan, charger ponsel, kulkas, mobil pribadi, bis kota, hingga mesin cuci.

Semua moda transportasi dan alat elektronik tersebut memiliki standar konsumsi energi dalam satuan BTU (British Thermal Unit).

Sebagai contoh apabila kita menggunakan pendingin ruangan selama satu jam, kita akan mengonsumsi energi setara dengan 171 BTU. Cara yang sama bisa kita terapkan untuk menghitung konsumsi energi pada moda transportasi. Misal jika kita naik mobil berbahan bakar bensin sejauh 1  km, energi yang kita konsumsi setara dengan 2218 BTU.

Dengan menghitung konsumsi energi, kita juga bisa menghitung jumlah energi yang kita perlukan (dalam liter dan kilogram) untuk menghasilkan energi tersebut.

Dari sini, kita lalu mencari data emisi yang dihasilkan dari penggunaan setiap liter atau setiap kilogram masing-masing sumber energi tersebut. Dengan penghitungan yang sederhana, ditemukan jumlah emisi CO2 yang dihasilkan oleh setiap sumber energi.

Hasilnya adalah sebuah kalkulator konsumsi energi dan emisi CO2 sederhana yang bisa dipakai setiap hari dengan mudah dan gratis. Anda bisa menggunakan kedua kalkulator tersebut di sini.

Dengan menggunakan kalkulator ini, kita diharapkan bisa semakin bijaksana dalam menggunakan energi. Setiap energi yang kita gunakan, menyumbang emisi CO2 – gas rumah kaca yang memicu pencemaran lingkungan, pemanasan global dan perubahan iklim.

Kalkulator ini masih terus dalam tahap pengembangan. Masukan dari Anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih sudah menggunakan Kalkulator Energi dan Emisi CO2 dari Hijauku.com.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,



loading...

Related Posts

Men fixing electricity pylon - Peter Facey
Inilah 20 Negara Pengguna Energi Terbesar di Dunia
Squirrel Monkey Family - Julielangford
Populasi Mamalia Rentan Cuaca Ekstrem
Hurricane from space - Public Domain Image
Perubahan Iklim Terus Menimbulkan Korban
Corals -  USFWS Headquarters
Perubahan Iklim Rusak 48% Habitat Terumbu Karang
Solar Water Pump - Road Allday @ Geograph.org.uk
Irigasi Bertenaga Surya dari NTT
Farming land - Ian Guest - Geograph.org.uk
Strategi Dunia Atasi Kelaparan dan Krisis Pangan


skippyjon @ Flickr
Cara Mudah Menghitung Energi dan Emisi CO2

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube