6 Manfaat Berkebun dan Bertani

Banyak alasan untuk kembali ke ladang dan menanam makanan Anda sendiri. 

Tak peduli apakah Anda kaya atau miskin, punya lahan luas atau hanya sejengkal, punya pengalaman bertani atau tidak. Menurut situs Organic Soul, tak ada alasan yang menghalangi Anda untuk berkebun dan bertani.

Besar manfaat yang akan Anda peroleh dengan berkebun dan bertani. Berikut adalah diantaranya:

1. Membantu Kita Mengenal Alam

Saat tangan Anda kotor oleh tanah, Anda telah memulai hubungan baru dengan alam. Langkah pertama, pilih tanaman yang ingin Anda tanam. Pastikan tanaman itu cocok dengan iklim di lingkungan Anda. Setelah menemukan tanaman yang cocok, saatnya belajar merawat tanaman – kapan menyiraminya, berapa banyak kebutuhan cahaya matahari, dan perlakuan khusus lainnya. Saat Anda mulai menanam baris demi baris sayuran, keahlian Anda akan terus bertambah seiring dengan waktu.

2. Membantu Mendekatkan Diri dengan Lingkungan

Saat Anda bertani, bayangkan Anda sedang bersatu dengan alam. Anda bagaikan menanam bagian dari diri Anda sendiri, menanam sesuatu yang akan hidup dan tumbuh. Pengalaman ini akan membuka mata Anda dan saat Anda membuka jendela, menyaksikan tanaman yang Anda tanam tumbuh, Anda bagai menyaksikan sebuah dunia baru.


Pengalaman ini tidak hanya memberikan kepuasan batin namun juga memperkuat rasa cinta kita terhadap lingkungan. Menjadi seorang petani bisa membuat Anda menjadi  pribadi yang lebih “hijau” lagi.

3. Menciptakan Dunia yang Sehat

Saat tanaman Anda tumbuh, Anda menciptakan habitat baru bagi makhluk hidup di sekitarnya. Anda juga membantu mengurangi emisi karbon dioksida, tidak hanya dari perjalanan Anda berkendara ke toko namun juga dari proses transportasi makanan.

4. Menyehatkan Tubuh

Saat Anda bertani atau berkebun, Anda bisa mengontrol setiap bahan yang Anda gunakan dalam proses menanam. Hal ini memungkinkan Anda menghasilkan makanan segar organik yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Manfaat lain, bertani atau berkebun membuat tubuh Anda terus aktif. Menggali, menanam dan merawat lahan membuat Anda terus bergerak. Anda juga bisa melibatkan anak-anak, membuat mereka sehat. Dan percaya atau tidak, bertani itu menyenangkan – coba deh.

5. Menghemat Biaya

Modal bertani atau berkebun Anda akan segera kembali saat Anda melakukan panen perdana. Menanam makanan sendiri bisa menghemat biaya yang besar. Tak lama lagi, Anda bahkan bisa berbagi hasil panen dengan keluarga dan teman-teman!

6. Menghilangkan Stress

Yang terakhir, bertani atau berkebun dalam skala kecil mampu membuat Anda rileks dan menghilangkan stress. Bertani atau berkebun akan membuat tubuh dan pikiran Anda tetap aktif. Bertani bisa menjadi sarana rekreasi dan membuat Anda terbebas dari rutinitas kerja dan keluarga!

Redaksi Hijauku.com

Tags: , , , , , , , , , ,



Related Posts

Electric car - Andrew Curtis @ Geograph.org.uk
IBM Temukan Baterai Udara untuk Mobil Listrik
Mountains and Climate Change - YouTube
Gunung dan Krisis Perubahan Iklim
Forest in Germany - Willow
Aforestasi Dinginkan Suhu Bumi
Cyclist - Wikimedia Commons
WHO: Polusi Udara Memicu Kanker
Belgische Module
Ekonomi Hijau Buka 60 Juta Lapangan Kerja
20131114-Greenpeace - Wimar10
Greenpeace Desak Wilmar Hentikan Perusakan Hutan