Hari ini, 23 September 2019 bertempat di Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Uni Eropa menyelenggarakan Peluncuran program Pekan Diplomasi Iklim (Climate Diplomacy Week – CDW) 2019. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 23 September hingga 6 Oktober 2019 ini merupakan serangkaian kegiatan kampanye dalam mencegah perubahan iklim yang diadakan di Kawasan Uni Eropa dan di seluruh dunia.

Dalam Pekan Diplomasi Iklim, Uni Eropa berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk lembaga non-profit, komunitas yang bergerak di bidang lingkungan dan perubahan iklim, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, influencer, para pemimpin opini dan kelompok selebriti. Tahun ini, Pekan Diplomasi Iklim akan fokus pada upaya kaum muda – di berbagai lini dan melalui berbagai kreativitas – dalam menanggapi dan melawan perubahan iklim.

Lambert Grijns, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia menyatakan, “Pemerintah Belanda menegaskan untuk terlibat aktif dalam upaya penyelamatan bumi. Pada pembukaan Climate Diplomacy Week 2019 ini, kami membuktikannya dengan mengundang para pegiat lingkungan untuk berbagi cerita mereka kepada publik. Kami menyambut baik para champion lingkungan seperti Mukhtasar dari Unilever sebagai satu dari 10 pioneer SDGs dan Hutan Itu Indonesia, gerakan anak muda yang mempromosikan kampanye mencintai hutan. Mereka adalah bukti bahwa banyak upaya positif bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim. Kami harap bisa melakukan kerja sama lebih erat dengan para pegiat lingkungan ini agar semakin banyak pihak yang sadar dan mau terlibat untuk pencegahan terjadinya perubahan iklim.”

Michael Bucki, Konselor Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia menambahkan, Climate Diplomacy Week menunjukkan peran Uni Eropa dalam melakukan aksi nyata untuk menyelamatkan bumi, bekerja sama dengan anak-anak muda dan kelompok masyarakat sipil. Tahun ini kami berkolaborasi dengan antara lain 7 kedutaan, 18 organisasi masyarakat serta 12 pemimpin opini (selebriti) dengan harapan akan memberi dampak dan manfaat yang besar, sedini mungkin untuk menyelamatkan lingkungan.

–##–

Narahubung
Yulia Maroe
Tim komunikasi Uni Eropa
0818 937 233 | 0816 937 233 (WA).