Negara-negara yang menandatangani Kesepakatan/Perjanjian Paris dinilai masih kurang memanfaatkan solusi berbasis alam dalam mencapai target NDC (Nationally Determined Contributions) mereka.

Kesimpulan ini disoroti dalam laporan IUCN (International Union for Conservation of Nature) dan Universitas Oxford terbaru yang berjudul Nature-based Solutions in Nationally Determined Contributions yang diterbitkan Kamis, 19 September 2019.

Menurut laporan ini, walau dua pertiga dari negara-negara penandatanganan Kesepakatan Paris memasukkan solusi berbasis alam dalam target iklim mereka, namun target ini tidak cukup ambisius.

Padahal, laporan IUCN dan Universitas Oxford menilai, aksi untuk melindungi, memulihkan dan mengelola ekosistem dunia secara berkelanjutan, berpotensi besar meningkatkan aksi atasi krisis iklim, melindungi masyarakat dari bencana – seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir, longsor dsb – serta melindungi keanekaragaman hayati di bumi ini.

Guna memastikan negara-negara yang NDC-nya berkomitmen melindungi alam menerapkannya dalam aksi riil di lapangan, IUCN mendesak mereka untuk menyertakan target yang konkret dan terukur dalam NDC mereka.

Laporan ini menggarisbawahi, saat ini hanya 17% NDC yang memasukkan solusi berbasis alam dalam adaptasi iklim yang telah menggunakan target-target yang terukur.

Demikian juga hanya 70% NDC yang menyebut aksi melindungi dan memulihkan hutan, hanya 20% yang menyebutkan targetnya secara terukur dan hanya 8% yang memasukkan target secara spesifik dalam ton setara CO2.

Laporan ini juga menyatakan, kebanyakan komitmen dalam aksi mitigasi iklim di NDC terfokus pada hutan, sementara potensi di ekosistem lain seperti mangrove, lahan gambut atau lahan kering terabaikan. Hanya 19% negara yang memiliki ekosistem perairan yang menyadari potensi habitat ini dalam NDC mereka guna mendukung aksi mitigasi perubahan iklim.

Tanpa memulihkan alam dan lingkungan, kerusakan dan bencana akan terus terjadi. Jutaan jiwa manusia dipertaruhkan akibat kerusakan lingkungan. Plus dampak perubahan iklim akan semakin menjadi. Melestarikan alam dan lingkungan adalah solusi untuk semua masalah ini.

Redaksi Hijauku.com