Jakarta, 30 Juni 2019. Setelah sukses mengadakan dua kali fun runKulari ke Hutan pada 2016 dan 2017, HII kembali mengadakan Kulari ke Hutan pada 30 Juni 2019 di Pintu 4 Gelora Bung Karno, Jakarta. Kulari ke Hutan mengajak siapa saja – baik pelari maupun non-pelari, tua maupun muda – untuk berkontribusi langsung menjaga hutan Indonesia dengan cara mudah, yaitu berlari.

#KuLariKeHutan mengajak para peserta berlari sejauh lima kilometer untuk mengadopsi satu pohon di hutan Indonesia. Sebanyak 619 pelari dari kategori umum dan anak-anak berhasil mengadopsi 1.171 pohon.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan turut hadir memberikan dukungan pada acara ini. “Menurut saya penting sekali meningkatkan awareness dan kecintaan kepadahutan, ini acara yang bagus sekali dan saya harap dapat terus dilakukan dan diikuti semakin banyak orang. Saya juga akan mengadopsi pohon hari ini,” ujarnya.

Musisi muda tanah air Kafin Sulthan merupakan salah satu peserta di #KuLariKeHutan. “Saya dan ibu masing-masing 15 kilometer tadi, sempat mau berhenti tapi karena ini berlari untuk adopsi hutan, jadi terpacu untuk terus melangkah, total saya dan ibu mengadopsi 6 pohon,” jelas pemuda yang bermain dalam film Keluarga Cemara ini.

Setelah berlari, para peserta juga dihibur oleh penampilan dari musisi Tuan Tigabelas, Abugrey Lobubun, Thisi, Oji, dan Dinda. Berbagai booth dari World Resource Institute (WRI) Indonesia, Greenpeace, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), KKI WARSI, Masigit Kareumbi, dan WWF juga dihadirkan untuk meramaikan acara sekaligus memberi edukasi kepada peserta mengenai hutan dan lingkungan.

Kulari ke Hutan 2019 dapat terselenggara berkat kolaborasi bersama mitra AQUA, WWF Indonesia, WRI Indonesia, Jockey, Tencel, GO-FOOD Festival, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), My Baby Tree WWF Indonesia, KKI WARSI, Masigit Kareumbi, BCA, KompasTV, Sunpride, deBrads, serta Trijee. Juga dukungan dari lebih dari 100 sukarelawan.

APA ITU ADOPSI POHON?

Adopsi pohon artinya mendonasikan sejumlah dana untuk penjagaan pohon yang sudah tumbuh puluhan hingga ratusan tahun di hutan. Dalam pelaksanaannya, program adopsi pohon melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dalam proses, perawatan, dan pelestarian pohon tersebut.

Tentang Hutan Itu Indonesia

Hutan itu Indonesia merupakan gerakan terbuka yang percaya akan kekuatan pesan-pesan positif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan untuk kita semua dan bagaimana kita bias berkontribusi untuk melindungi hutan Indonesia. Hutan Itu Indonesia merupakan gerakan yang terbuka untuk semua pihak yang ingin bergabung, baik langsung di dalam organisasi maupun melalui kolaborasi untuk kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Hutan Itu Indonesia memiliki dukungan dari 40 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan 400 sukarelawan.

Narahubung:

Sheridan Olenka
Koordinator Media Hutan Itu Indonesia
081281562762
Instagram: @olenkash