Mengurangi Plastik pada Perayaan Tahun Baru 2019

Oleh: Theresa Alma *

Sebentar lagi kita akan menutup tahun 2018 dan memasuki tahun 2019. Bagi banyak orang ini merupakan awal yang baru dimana akan dibuat banyak resolusi untuk tahun ke depan. Saat menyambut tahun baru banyak pesta perayaan tahun baru mulai dari pusat perbelanjaan ataupun pesta dengan teman atau keluarga, dimana kita bertemu bersama dan menikmati makanan dan minuman sambil mengingat tentang hal yang telah terjadi di tahun 2018.

Namun sadarkah kalian ketika kita merayakan tahun baru ini betapa banyak sampah plastik yang kita gunakan? Mulai dari gelas plastik, piring plastik serta alat makan plastik belum lagi makanan dan minuman kemasan yang kita konsumsi.

Banyak orang memilih menggunakan plastik karna dianggap lebih efisien dan ekonomis namun apakah ini merupakan pilihan yang tepat ?

Tentu ini merupakan pilihan yang salah karna jumlah sampah plastik yang telah kita gunakan dalam keseharian kita saja sudah banyak dan tentu dalam perayaan ini jumlah plastik yang kita gunakan juga akan melonjak lebih dari biasanya.

Untuk mencegah timbunan plastik ditahun baru, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan ketika merayakan pesta tahun baru dengan orang terdekat tahun ini.

  • Hindari penggunaan alat makan plastik

Sebisa mungkin cobalah untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai walaupun alat makan plastik terlihat lebih efisien dan ekonomis namun bisa dibayangkan ada berapa alat makan sekali pakai yang akan berakhir menjadi sampah plastik yang membutuhkan puluhan tahun lagi untuk terurai.

  • Hindari penggunaan minuman dan makanan kemasan.

Ketika merayakan pergantian tahun bersama orang terdekat tak jarang kita mengonsumsi makanan dan minuman kemasan atau makanan yang dibungkus dari tempat lain namun alangkah baiknya kita menghindari itu atau jika memang ingin membeli makanan dari tempat lain lebih baik kita membawa wadah sendiri agar kita dapat mengurangi sampah plastik.

  • Hindari penggunaan sedotan plastik

Walau terdengar sangat sederhana namun sedotan ini membutuhkan banyak waktu untuk mengurai oleh karna itu alangkah baiknya kita mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless atau tidak menggunakannya sama sekali.

  • Membawa wadah makanan.

Tidak jarang dalam acara kumpul bersama orang terdekat makanan yang disiapkan tidak habis dan akan dibawa pulang. Agar tidak menggunakan plastik alangkah baiknya kita menyiapkan selalu wadah untuk selalu siap.

Ini beberapa kiat-kiat sederhana yang dapat kita laksanakan nanti ketika tahun baru dan betapa baiknya ini kita jadikan resolusi tahun baru agar kita bisa memulai tahun dengan lebih baik tanpa plastik untuk anak cucu kita nanti.

–##–

* Theresa Alma adalah mahasiswi semester tiga di London School of Public Relation yang sedang menekuni jurusan Public Relation. Silahkan hubungi melalui email techa.reiima@gmail.com

2018-12-26T10:11:46+00:0026 December 2018|Kiat, Komunitas|0 Comments

Leave A Comment

CAPTCHA *