9 dari 10 Penduduk Bumi Hirup Udara Kotor

Sembilan dari sepuluh penduduk dunia menghirup udara kotor, terpolusi. Sebanyak 7 juta orang meninggal setiap tahun akibat polusi udara luar ruang dan dalam ruang. Hal ini terungkap dalam rilis terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO 3 miliar penduduk dunia, terutama wanita dan anak-anak masih menghirup udara beracun setiap hari akibat penggunaan kompor dan bahan bakar yang berpolusi di rumah-rumah mereka. “Jika kita tidak beraksi segera untuk mengatasi polusi udara ini, kita tidak akan mampu mencapai (target) pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

WHO memperkirakan, sebanyak 7 juta penduduk dunia meninggal setiap tahun akibat menghirup partikel-partikel super halus yang ada dalam polusi udara. Partikel super halus ini bisa masuk jauh ke dalam paru-paru dan peredaran darah, memicu berbagai macam penyakit seperti stroke, jantung, kanker paru-paru dan berbagai jenis infeksi saluran pernafasan, termasuk pneumonia.

Data WHO menunjukkan, polusi udara luar ruang mencabut 4,2 juta jiwa pada 2016, sementara polusi udara dalam ruang yang berasal dari kompor dan bahan bakar kotor lainnya memicu 3,8 juta kematian pada periode yang sama.

Lebih dari 90% kematian yang berhubungan dengan polusi udara terjadi di negara-negara miskin dan berpendapatan menengah terutama di Asia dan Afrika, diikuti oleh negara di Mediterania Timur, Eropa dan Amerika.

Sebanyak 3 milyar penduduk dunia – lebih dari 40% populasi di bumi – masih tidak memiliki akses ke teknologi bahan bakar dan alat masak yang bersih di rumah-rumah mereka.

WHO telah melakukan pemantauan polusi udara dalam rumah selama lebih dari sepuluh tahun. WHO menyadari bahwa polusi udara menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung (24%), stroke (25%), gangguan pernafasan akut (43%) dan kanker paru-paru (29%).

Masih cuek dengan polusi udara? Mari beraksi bersama kurangi polusi udara.

Redaksi Hijauku.com

By | 2018-05-03T19:27:56+00:00 3 May 2018|Berita, Kesehatan|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *