Menteri Lingkungan Setuju Bersihkan Polusi

Menteri-menteri lingkungan dunia tandatangani 13 resolusi untuk membersihkan polusi di bumi. Jika komitmen ini dijalankan, 1,49 miliar penduduk dunia akan menghirup udara yang lebih bersih, sepertiga garis pantai dunia akan dibersihkan dan dana $18,6 miliar siap dikucurkan. Garis pantai yang akan dibersihkan mencapai 480.000 km. Hal ini terungkap dalam berita UN Environment, Rabu, 6 Desember.

Untuk pertama kali dalam sejarah, Sidang Umum Lingkungan PBB (UN Environment Assembly) mengeluarkan deklarasi yang menghargai setiap upaya untuk mencegah, mengurangi dan mengelola polusi udara, polusi lahan, polusi tanah, polusi air tawar dan polusi laut yang merusak kesehatan, ekosistem, ekonomi, keamanan penduduk dunia.

Deklarasi ini juga berkomitmen membiayai dan meningkatkan dana penelitian dan pengembangan guna menemukan solusi inovatif membersihkan polusi dan menggerakkan masyarakat menuju gaya hidup yang ramah lingkungan.

Dari 13 resolusi tidak mengikat dan tiga keputusan yang dihasilkan dalam pertemuan di Nairobi ini termasuk upaya membersihkan sampah dan plastik mikro di lautan, aksi mengurangi dan mencegah polusi udara, memangkas polusi timbel dari cat dan baterai, melindungi ekosistem perairan dan tanah serta mengatasi polusi di wilayah-wilayah yang korban konflik dan terorisme.

Polusi lingkungan membunuh 12,6 juta penduduk dunia per tahun akibat berbagai kerusakan di ekosistem-ekosistem kunci. Polusi udara menyumbang angka kematian terbesar yaitu 6,5 juta jiwa per tahun. Sebanyak 600.000 anak-anak menderita kerusakan otak akibat polusi timbel per tahun dan 500 “zona mati” ditemukan di berbagai penjuru dunia.

Sebanyak 80% air limbah dunia masih dibuang sembarangan tanpa diolah meracuni ladang pertanian dan sumber air minum untuk 300 juta penduduk. Lancet Commission on Pollution and Health menemukan, kerugian akibat berbagai polusi di dunia mencapai $4,6 triliun per tahun atau setara dengan 6,2% nilai barang dan jasa yang diproduksi ekonomi dunia.

Redaksi Hijauku.com

By | 2017-12-14T06:06:36+00:00 7 December 2017|Berita, Lingkungan|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *