Air dan Udara Sehat adalah Hak Asasi Manusia

Manusia berhak atas air dan udara yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkannya diperlukan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari. Ekosistem yang sehat, yang kaya akan keanekaragaman hayati penting untuk menjamin pasokan udara dan air secara berkelanjutan.

Akses atas air dan sanitasi sudah lama digolongkan sebagai hak asasi manusias. Namun laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa terbaru yang diterbitkan Rabu, 23 Agustus menyatakan, 30% penduduk dunia masih kekurangan akses terhadap air yang sehat, sementara lebih dari 60% hidup tanpa fasilitas sanitasi yang layak.

Air yang kotor dan polusi udara terus merenggut jiwa. Anak-anak, ibu hamil dan warga lanjut usia paling rentan terkena dampaknya. Air dan udara adalah sumber daya alam yang berkelanjutan yang tidak keluar langsung dari alat pendingin udara (AC) atau pipa ledeng.

Air dan udara yang aman, bersih dan sehat dihasilkan dari sumber yang aman, bersih dan sehat yang menjadi pondasi dari hak asasi lain seperti hak hidup, hak atas kesehatan, hak atas pangan dan air.

Air dan udara bersih adalah jasa lingkungan utama. Untuk menjaga dan memulihkan ekosistem udara dan air negara perlu mengetahui apa, dari mana asal pencemaran air dan memberikan solusi atasnya. Temukan inspirasi mengenai air dan udara bersih di Hijauku.com.

Redaksi Hijauku.com

By | 2017-09-17T20:17:35+00:00 24 August 2017|Berita, Lingkungan|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *