WWF Gelar International Bike Camping

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kabupaten Bengkayang ke-18, Provinsi Kalimantan Barat yang jatuh pada 27 April 2017, maka WWF Indonesia bekerjasama dengan West Borneo Tourism mengadakan International Bike Camping 2017. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada Jumat, 28 April 2017 – Senin, 1 Mei 2017, dengan melewati rute Pontianak – Mempawah dan Bengkayang. Kegiatan ini juga menjadi bagian pengenalan potensi wisata yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat.

Bersepeda menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat perkotaan dalam mendukung gerakan melestarikan lingkungan melalui penggunaan alat transportasi yang ramah lingkungan sehingga mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu, bertumbuhnya komunitas sepeda di berbagai kota merupakan fenomena saat ini, termasuk komunitas sepeda di Kota Pontianak. Forum pesepeda memaknai bahwa bersepeda tidak hanya menjadi alat transportasi darat yang mendukung pelestarian lingkungan serta mengurangi emisi karbon di bumi saja. Namun, merupakan wadah bersosialisasi warga kota sekaligus olah raga dan menjalankan hobinya.

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi dengan wilayah terbesar di Pulau Kalimantan dengan luas hingga mencapai 146.807 km2. Dukungan potensi wisata Kalimantan Barat sangat bervariasi seperti wisata alam, wisata pantai, sejarah/museum, olahraga, budaya maupun kuliner. Potensi itu tersebar di seluruh kabupaten dan kota serta desa di Kalimantan Barat.

Kota Pontianak sebagai Ibu Kota Kalimantan Barat juga kaya akan destinasi wisata. Sejatinya, objek-objek itu harus dikenalkan, dilestarikan, dikembangkan, dan dipromosikan. Tugu Khatulistiwa misalnya, adalah ikon Kota Pontianak yang punya daya magnetik sangat kuat untuk menyedot minat wisatawan. Atraksi yang dapat dilakukan adalah titik kulminasi yang terjadi pada bulan Maret dan September setiap tahunnya, dimana di lokasi ini benda tidak memiliki bayangan tepat pada pukul 12 siang. Tugu ini terletak di bantaran Sungai Kapuas.

Kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat bukan hanya yang berasal atau berdomisili di Pontianak maupun Provinsi Kalimantan Barat namun juga masyarakat luas yang berada di seluruh Indonesia dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, penyanyi Nugie yang dikenal sangat menyukai dan setia menggunakan sepeda dalam aktifitas sehari-harinya.

Kami mengundang rekan-rekan media untuk turut merayakan International Bike Campaign ini khususnya bagi rekan-rekan media yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, sekaligus meliput aksi komunitas dalam membantu gerakan pelestarian lingkungan. Link video dapat dilihat di http://bit.ly/2o5UJMq

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini, silakan hubungi:
Lia Syafitri, Communication Coordinator West Kalimantan Program, WWF Indonesia
Email: [email protected] dan HP: 0821 5929 0047
Roni Wang, Comittee Secretary International Bike Campaign 2017
Email: [email protected] dan HP: 0811 568 313, website www.westborneotourism.com

By | 2017-06-12T15:12:14+00:00 21 April 2017|Siaran Pers|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *