London, Paris Ciptakan Penilaian Polusi Baru


Skema ini penting untuk mencegah penipuan label emisi oleh pabrikan mobil yang menjadi skandal dunia.

Para pembeli mobil di Paris dan London akan bisa mengidentifikasi model mobil paling ramah lingkungan. Mereka akan bisa memilih model mobil terbaik yang mampu membantu mengurangi polusi di jalan raya. Seiring polusi yang semakin parah, Walikota London, Sadiq Khan dan Walikota Paris, Anne Hidalgo, akhirnya bergerak menciptakan sistem penilaian emisi baru guna memangkas polusi udara di kota mereka.

Kota Seoul, Madrid, Kota Mexico, Milan, Moscow, Oslo dan Tokyo juga berkomitmen menerapkan sistem penilaian ini bersama C40. C40 adalah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 90 kota besar di dunia dengan total populasi mencapai lebih dari 650 juta orang.

London dan Paris saat ini tengah menggodok skema yang menilai mobil-mobil baru berdasarkan tingkat polusi riil mereka dan dampaknya terhadap polusi udara. Skema ini penting untuk mencegah penipuan label emisi oleh pabrikan mobil yang menjadi skandal dunia. Salah satu skandal penipuan emisi terbesar dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jerman, VW pada 2015.

Saat ini skema penilaian emisi mobil yang ada, seperti di Eropa hanya mengukur jenis polutan tertentu, yang diuukur di laboratoriun dan tidak di jalan raya atau dunia nyata. Padahal menurut C40 polusi aktual saat mobil digunakan di jalan raya bisa 15 kali lebih besar dibanding polusi saat pengukuran di laboratorium.

Skema baru yang dikembangkan di kota London dan Paris akan mengukur semua jenis polutan yang dikeluarkan oleh model mobil di dunia nyata, di jalan raya. Kedua kota ini berkomitmen akan menampilkan data polusi setiap mobil ini secara online pada akhir tahun ini.

Aksi ini adalah sebuah terobosan penting, karena di negara-negara berkembang seperti Indonesia, label emisi bahkan belum diterapkan, sehingga konsumen tidak bisa mengukur berapa besar konsumsi bahan bakar dan polusi yang dihasilkan oleh mobil mereka versi laboratorium dan di dunia nyata. Sehingga sulit untuk mengontrol polusi udara dari kendaraan bermotor.

Redaksi Hijauku.com

By | 2017-04-29T07:44:13+00:00 30 March 2017|Berita, Lingkungan, Produk|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment