48 Negara Targetkan 100% Energi Terbarukan

Solar power in Algeria - WikimediaSebanyak 48 negara bertekad beralih 100% ke energi terbarukan menjelang berakhirnya COP22. Ke-48 negara ini tergabung dalam Climate Vulnerable Forum (CVF), sebuah kemitraan internasional yang beranggotakan negara-negara yang paling rentan terdampak perubahan iklim. Mereka mengeluarkan deklarasi bersama dengan nama Marrakech Communiqué tanggal 18 November di Konferensi Perubahan Iklim, COP22 yang berlangsung di Marrakech, Moroko.

Anggota CVF tersebar dari seluruh penjuru dunia seperti Haiti, Maladewa, Costa Rica, Afghanistan, Bangladesh, Ethiopia, Tuvalu, Madagaskar, dan Nepal. Haiti adalah negara yang baru-baru ini diterjang oleh Badai Matthew.

Dalam deklarasi tersebut, CVF menyeru negara yang tekad kontribusi nasionalnya (nationally determined contribution/NDC) masih tidak sesuai dengan prinsip keadilan iklim segera memerbaharui kontribusi mereka. Poin deklarasi ini seakan mengritik negara dengan emisi gas rumah kaca yang besar namun kontribusinya terhadap aksi perubahan iklim yang minim.

CVF juga meneguhkan tekad mereka untuk menghijaukan ekonomi dengan target mencapai status netral karbon dan beralih 100% ke energi terbarukan. Mereka berkomitmen mengembangkan dan menyerahkan NDC mereka sebelum 2020 setelah memeroleh bantuan peningkatan kapasitas mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Anggota lengkap Climate Vulnerable Forum meliputi Afghanistan, Haïti, Philipina, Bangladesh, Honduras, Rwanda, Barbados, Kenya, Santa Lucia, Bhutan, Kiribati, Senegal, Burkina Faso, Madagaskar, Sudan Selatan, Kamboja, Malawi, Sri Lanka, Komoro, Maladewa, Sudan, Costa Rica, Kepulauan Marshall, Tanzania, Republik Demokrasi Kongo, Mongolia, Timor-Leste, Republik Dominika, Moroko, Tunisia, Ethiopia, Nepal, Tuvalu, Fiji, Niger, Vanuatu, Ghana, Palau, Vietnam, Grenada, Papua Nugini, Yaman, dan Guatemala.

Redaksi Hijauku.com

By |2016-11-22T08:36:08+00:0019 November 2016|Berita, Ekonomi, Energi, Iklim, Komunitas|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *