Wind power generation - Delta Works - PixabayEnergi terbarukan bersinar terang pada 2015. Kapasitas energi terbarukan mencetak rekor baru. Hal ini terungkap dari laporan Renewable Energy Policy Network for the 21st Century atau REN21.

Kapasitas energi terbarukan bertambah sebesar 147 Gigawatts (GW) pada 2015, penambahan terbesar sepanjang sejarah. Sementara kapasitas panas yang bersumber dari energi terbarukan naik 38 Gigawatts-thermal (GWth).

Sektor pembangkit listrik menyumbang peningkatan kapasitas energi terbarukan terbesar. Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Surya mencetak rekor baru selama 2 tahun terakhir menyumbang 77% instalasi baru. Sementara sisanya disumbang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Kapasitas yang ditambahkan oleh energi terbarukan ini, melampaui kapasitas gabungan semua jenis energi fosil. Menurut data REN21, pada akhir 2015, energi terbarukan menyumbang 23,7% energi listrik dunia dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air menyumbang sekitar 16,6%.

Pertumbuhan ini terjadi saat energi terbarukan menghadapi persaingan yang sangat ketat pada 2015: harga semua jenis bahan bakar fosil dunia jatuh, dolar menguat meningkatkan biaya, subsidi bahan bakar fosil terus mengucur dan berbagai kendala lain yang dihadapi energi terbarukan seperti belum jelasnya feed in tariff di berbagai negara termasuk Indonesia.

Redaksi Hijauku.com