Baterai Ini Tahan Seumur Hidup

Nanowires - Steve Zylius  UCIPeneliti di Universitas California Irvine temukan teknologi baterai yang kuat dan tahan lama.

Teknologi komunikasi dan energi terbarukan sangat bergantung pada baterai yang berkualitas untuk menyimpan energinya. Peneliti dari Universitas California di Irvine (UCI), Amerika Serikat berhasil menciptakan baterai serabut nano (nanowire) yang bisa diisi ratusan ribu kali sehingga hampir tidak memerlukan penggantian. Bayangkan jika baterai ini ada di komputer, telepon pintar dan mobil Anda.

Ilmuwan telah lama berusaha menggunakan teknologi serabut nano dalam baterai. Serabut nano berukuran ribuan kali lebih kecil dari rambut manusia sehingga mampu menciptakan permukaan yang lebih luas untuk menyimpan dan mengalirkan elektron. Namun serabut nano sangat rentan jika diisi berulang-ulang. Seperti baterai lithium-ion yang ada saat ini yang mudah mengkerut dan bengkak sehingga cepat rusak.

Untuk mengatasinya, tim peneliti di UCI melapis serabut nano emas dengan mangan dioksida dan membungkusnya dengan gel mirip Plexiglas. Mya Le Thai, kandidat doktor di UCI yang memimpin penelitiah ini kemudian mengetes elektroda selama lebih dari 200.000 kali dalam waktu 3 bulan.

Hasilnya kapasitas dan kekuatan serabut nano emas tersebut tidak berubah. Serabut ini juga tidak mengalami kerusakan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Energy Letters milik American Chemical Society. Baterai biasa akan rusak dalam 5000-7000 kali pengujian. Temuan ini menciptakan harapan baru bagi kemajuan teknologi dunia.

Redaksi Hijauku.com

By |2016-11-04T07:53:05+00:004 May 2016|Berita, Energi, Lingkungan, Teknologi|0 Comments

About the Author:

Hijauku.com adalah portal hijau pertama di Indonesia. Sejak Maret 2011 kami terus berkomitmen berbagi inspirasi dan solusi ramah lingkungan. Kami merayakan ilmu pengetahuan sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Comment

CAPTCHA *