2004 Indian Ocean earthquake affected countries - Wikimedia CommonsSebanyak 24 negara berpartisipasi dalam simulasi raksasa guna menguji sistem mitigasi dan peringatan dini tsunami.

Sepuluh tahun setelah tsunami melanda Samudra Hindia, sebanyak 24 negara kembali berlatih guna menguji kesiapan mereka menghadapi bencana.

Menurut berita Unesco, tsunami yang terjadi pada tahun 2004 adalah tsunami terdahsyat sepanjang sejarah. Tanggal 9 dan 10 September, sebanyak 24 negara berpartisipasi dalam latihan simulasi raksasa guna menguji sistem mitigasi dan peringatan dini tsunami.

Latihan bernama “IOWAVE14” ini terdiri dari dua skenario. Skenario pertama, terjadi gempa dengan kekuatan 9,1 skala Richter di selatan Pula Jawa, Indonesia pada 9 September. Skenario kedua, terjadi gempa dengan kekuatan 9 skala Richter di Palung Makran (Makran Trench) yang terletak di sebelah selatan Iran dan Pakistan.

Kedua skenario ini akan menyimulasikan gelombang tsunami yang melintasi Samudra Hindia dan akan dilaksanakan secara langsung (real time). Indian Ocean Regional Tsunami Service Providers yang dikelola oleh tiga negara yaitu Australia, India dan Indonesia akan mengeluarkan peringatan dini ke Pusat-Pusat Peringatan Tsunami Nasional sehingga simulasi bencana bisa dimulai.

Pengujian ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas penyampaian informasi oleh semua pihak yang berkepentingan, kesiapan negara dan efisiensi prosedur gawat darurat saat terjadi bencana tsunami. Sejumlah negara juga akan melibatkan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai guna mengikuti latihan evakuasi.

Setelah pelatihan selesai, akan ada evaluasi kesenjangan dan kelemahan dari semua sistem tanggap tsunami. Evaluasi ini akan dilaksanakan oleh Kelompok Koordinasi Antarpemerintah yang dibentuk dengan bantuan Unesco dan mulai beroperasi sejak 2011.

Negara-negara yang positif terlibat dalam simulasi ini adalah Australia, Bangladesh, Comoros, Perancis (Réunion), India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Maladewa, Mauritius, Mozambique, Myanmar, Oman, Pakistan, Seychelles, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Timor-Leste dan Yaman.

Redaksi Hijauku.com