Olimpiade London Gunakan Energi Hijau

Olympic Delivery Authority (ODA) berhasil menyelesaikan elemen final guna mengurangi emisi karbon di Olimpiade London, pesta olah raga terbesar di dunia.

Elemen final tersebut adalah pusat energi (energy centre) yang akan memasok semua kebutuhan listrik bagi pemukiman Olimpiade selama acara berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus nanti. ODA menargetkan pengurangan emisi setara karbon dioksida (CO2) hingga 50%.

Pusat energi ini diklaim 30% lebih efisien dibanding pusat energi tradisional dan akan memasok energi rendah emisi ke jaringan listrik nasional. Dengan menggunakan teknologi inovatif, pusat energi ini mampu menangkap dan menggunakan kembali limbah panas untuk menghasilkan energi baru.

ODA juga telah memasang panel surya di ruang pers utama untuk menghasilkan energi terbarukan. Panel surya juga digunakan untuk atap gedung parkir Olimpiade yang akan mengurangi sekitar 170 ton emisi carbon setiap tahun.

Dennis Hone, Chief Executive ODA, dalam siaran pers yang diterbitkan kemarin (27/4) menyatakan: “Kami berusaha membangun gedung dan infrastruktur yang ramah lingkungan yang tidak hanya dipakai pada saat Olimpiade namun juga bertahun-tahun sesudahnya. Dengan perencanaan dan inovasi yang matang, Inggris akan memiliki bukti teknik dan kontruksi (ramah lingkungan) yang patut dibanggakan.”

ODA juga akan mendanai program energi bersih di 12 sekolah yang berlokasi di wilayah Olimpiade. Inisiatif ini akan mengurangi 700 ton emisi karbon per tahun, setara dengan volume 140 kolam renang ukuran Olimpiade. Konsumsi energi di 12 sekolah ini juga akan berkurang 25% per tahun ketika program ini selesai di bulan September tahun ini.

Redaksi Hijauku.com

Tags: , , , , , , , , , , ,



Related Posts

Walking exercise - Giorgio Minguzzi
Ayo Berjalan Kaki Setelah Makan
Sun and smoke - Public Domain Image
Pengurangan Emisi Masuki Masa Kritis
What Can I do for The Environment - Learning Fundamentals
Satu Ilustrasi Berpuluh Aksi Hijau
Farming land - Ian Guest - Geograph.org.uk
Strategi Dunia Atasi Kelaparan dan Krisis Pangan
J J Verhoef @ Flickr
14 Strategi Memerlambat Perubahan Iklim
Slash and burn agriculture in Amazon -  Threat to Democracy
Hutan Rusak Pertanian Pun Rusak