Olimpiade London Gunakan Energi Hijau

Olympic Delivery Authority (ODA) berhasil menyelesaikan elemen final guna mengurangi emisi karbon di Olimpiade London, pesta olah raga terbesar di dunia.

Elemen final tersebut adalah pusat energi (energy centre) yang akan memasok semua kebutuhan listrik bagi pemukiman Olimpiade selama acara berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus nanti. ODA menargetkan pengurangan emisi setara karbon dioksida (CO2) hingga 50%.

Pusat energi ini diklaim 30% lebih efisien dibanding pusat energi tradisional dan akan memasok energi rendah emisi ke jaringan listrik nasional. Dengan menggunakan teknologi inovatif, pusat energi ini mampu menangkap dan menggunakan kembali limbah panas untuk menghasilkan energi baru.

ODA juga telah memasang panel surya di ruang pers utama untuk menghasilkan energi terbarukan. Panel surya juga digunakan untuk atap gedung parkir Olimpiade yang akan mengurangi sekitar 170 ton emisi carbon setiap tahun.

Dennis Hone, Chief Executive ODA, dalam siaran pers yang diterbitkan kemarin (27/4) menyatakan: “Kami berusaha membangun gedung dan infrastruktur yang ramah lingkungan yang tidak hanya dipakai pada saat Olimpiade namun juga bertahun-tahun sesudahnya. Dengan perencanaan dan inovasi yang matang, Inggris akan memiliki bukti teknik dan kontruksi (ramah lingkungan) yang patut dibanggakan.”

ODA juga akan mendanai program energi bersih di 12 sekolah yang berlokasi di wilayah Olimpiade. Inisiatif ini akan mengurangi 700 ton emisi karbon per tahun, setara dengan volume 140 kolam renang ukuran Olimpiade. Konsumsi energi di 12 sekolah ini juga akan berkurang 25% per tahun ketika program ini selesai di bulan September tahun ini.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , ,



Related Posts

Livestock production - USDA
Inilah Sumber Emisi GRK Dunia
N is for nutrition - Rusty Clark
5 Kiat Menciptakan Produk Hijau
Dayaks in their war dress - F. Boyle
Kearifan Lokal adalah Aset Global
Logo Jaringan Advokasi Tambang
Jangan Gadaikan Hutan Kami
Working - Ihor Docenko - Wikimedia
Kurangi Jam Kerja Bantu Atasi Krisis Iklim
Gunung Lumut, Kalimantan Timur, Indonesia, November 2005.
Rendah: Nilai Tata Kelola Hutan Indonesia


2012 Olympic logo - Nigel Chadwick @Geograph.org.uk
Olimpiade London Gunakan Energi Hijau

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube