PBB Terbitkan Data Emisi Gas Rumah Kaca

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan laporan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh semua organisasi PBB di seluruh dunia.

Laporan yang berjudul “Moving Towards a Climate Neutral UN” diterbitkan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi 2012 yang berlangsung kemarin (22/4). Laporan ini adalah laporan tahunan ketiga yang memaparkan secara detail data emisi gas rumah kaca PBB pada tahun 2010 dan langkah-langkah yang ditempuh untuk menguranginya.

Dari laporan tersebut terungkap, emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh 54 organisasi PBB dengan 200.000 pegawai pada 2010 mencapai 1,8 juta ton setara emisi CO2. Jumlah ini sama dengan jumlah karbon yang diserap setiap tahun oleh hutan seluas 1.553 km2 atau setara dengan luas Pulau Faroe yang terletak di antara laut Norwegia dan samudra Atlantik utara.

Lebih dari 50% emisi gas rumah kaca yang dihasilkan PBB berasal dari perjalanan udara (4,2 ton per kapita) yang menjadi tantangan terbesar bagi PBB untuk menguranginya.

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon dalam sambutannya menyatakan, PBB ingin memberikan contoh upaya memonitor dan mengurangi gas rumah kaca – tidak hanya pencapaian namun juga cara PBB melakukannya. “Dengan cara itu PBB berharap bisa menggairahkan semangat (menciptakan organisasi) berkelanjutan di seluruh dunia.”

Salah satu contoh upaya PBB tersebut adalah proyek renovasi Sekretariat PBB di New York yang berlangsung sejak tahun lalu. Renovasi bernilai US$1,9 miliar ini ditargetkan selesai tahun ini.

Dengan renovasi tersebut, Sekretariat PBB diharapkan mampu mengurangi konsumsi energi hingga 50% dan emisi karbon hingga 45%. Hasilnya sangat menggembirakan. Bulan depan (Mei), 100% sumber energi listrik untuk bangunan utama di sekretariat PBB akan bersumber dari energi terbarukan.

Catatan Redaksi:

Hijauku.com beberapa waktu yang lalu sudah menulis upaya “Menghijaukan si Biru“. Laporan lengkap PBB terbaru bisa diunduh di tautan berikut ini.

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , , ,



Related Posts

Fruit and Vegetables Basket - Wikimedia Commons
Makan Buah Hemat Biaya Kesehatan $11 Triliun
Radioactive Materials - Ed Siasoco @ Flickr
Penegakan Hukum Lingkungan Global Dimulai
Central Java Province - Wikimedia Commons (500x308)
Warga Rembang Tolak Pabrik Semen
Petani swadaya terima RSPO - WWF Indonesia
Petani Swadaya Terima Sertifikasi Sawit Lestari
Farhan Helmy - Simpotenda
Perspektif Strategis Agenda Perubahan Iklim dan Lingkungan
Logo Kota Surakarta
Peta Hijauku – Kota Surakarta


United Nations Flag
PBB Terbitkan Data Emisi Gas Rumah Kaca

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube