Senter Tenaga Surya untuk Wilayah Tropis

Penduduk di negara tropis yang kaya cahaya matahari seperti Indonesia, cocok menggunakan senter ini.

Senter tenaga surya ini dikembangkan oleh perusahaan yang bernama bogolight.com. Tidak hanya menjual produk, perusahaan ini juga memiliki misi sosial. Nama “Bogo” yang dipakai sebagai merek produknya berarti “Buy one, Give one” atau “Beli Satu Sumbangkan Satu”.

Cukup dengan membeli satu senter seharga US$29 Anda akan menyumbang senter yang sama untuk penduduk di negara miskin dan berkembang.


Program ini sangat bermanfaat bagi penduduk miskin yang tinggal di lokasi terpencil yang belum memiliki akses terhadap sumber energi. Cahaya matahari adalah sumber energi ideal mereka sehingga mereka tetap bisa beraktifitas di malam hari tanpa terganggu oleh pasokan listrik.

Lampu senter bertenaga surya ini juga bisa membantu anak-anak di negara berkembang untuk belajar dan membaca di malam hari. Wanita yang keluar pada malam hari juga lebih aman jika membawa lampu ini dan keluarga bisa mengurangi ketergantungan akan minyak tanah (kerosene) dan sumber penerangan lain yang tidak ramah lingkungan.

Berbeda dengan lampu senter bertanaga matahari biasa yang dijual di negara berkembang yang biasanya tidak tahan lama, lampu senter BoGo ini menurut situs perusahaan diklaim mampu bertahan hingga 20 tahun.

Dibutuhkan waktu 8 jam untuk mengisinya dan senter ini siap dipakai selama 4-5 jam. Panel surya di senter ini memroduksi daya setara dengan 3 baterai isi ulang standar ukuran AA.

Senter ini juga menggunakan 6 buah lampu Light Emitting Diodes (LEDs) yang lebih terang dan hemat energi sehingga nyaman saat digunakan untuk membaca pada malam hari.

Redaksi Hijauku.com  

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,



loading...

Related Posts

Plastic Beach - Doug Lee @ Geograph.org.uk
Plastik: Kurangi atau Tinggalkan Mulai Sekarang
Climate science opinion -  Doran & Zimmerman Study
Ilmuwan Ujung Tombak Sosialisasi Perubahan Iklim
Anti-nuclear rally - solidarity for Japan, 15.3.2011
Inilah Isu-isu Lingkungan Terpenting Abad 21
lsc-in-lab - Richard Lunt - Michigan State University
Jendela: Pembangkit Listrik Baru
Wind power in Taiwan - Maggie Chou
Beralih ke EBT Hemat Air Hingga 97%
Logo RFN
Perlindungan Paling Efektif Selamatkan Hutan


BoGo light in Cambodia - Karl Grobl
Senter Tenaga Surya untuk Wilayah Tropis

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube