Energi Bersih Terangi Desa-desa Afghanistan

Lebih dari 6.200 keluarga di wilayah pedesaan dan wilayah terpencil Afghanistan akan terhubung ke sumber energi bersih.

Mimpi tersebut terwujud dengan dimulainya proyek pembangkit listrik tenaga air mikro oleh Program Pembangunan PBB (UNDP).

Keluarga yang sebelumnya mengandalkan minyak tanah dan bahan bakar berpolusi lain untuk memasak, membina usaha dan memanaskan ruangan, akan mendapatkan pasokan listrik berdaya lebih dari 700 KW yang berasal dari 34 turbin listrik bertenaga air.

Masing-masing turbin listrik kompak ini dibangun di sepanjang sungai dan bendungan, mengubah tenaga air yang bebas polusi menjadi listrik untuk 40 hingga 1.000 keluarga.

Enam turbin listrik tenaga air yang dibangun setahun yang lalu sudah mulai beroperasi, memasok 153 KW listrik ke lebih dari 1.200 keluarga di lima provinsi di Afghanistan.

Sekitar 85% wilayah pedesaan di Afghanistan kekurangan pasokan listrik, sementara di wilayah perkotaan pasokan listrik tidak bisa diandalkan.

Komunitas di Afghanistan telah meminta bantuan sebanyak 150 unit pembangkit listrik tenaga air mikro dengan biaya antara US$25.000 hingga US$165.000, yang menunjukkan tinggginya kebutuhan negara yang didera oleh invasi dan perang berkepanjangan itu terhadap energi bersih.

Saat ini terdapat 28 pembangkit listrik tenaga air mikro yang tengah dibangun dengan kapasitas energi yang diharapkan mencapai 550 KW. Pembangkit-pembangkit listrik ini akan membantu memasok energi bersih ke lebih dari 5.000 rumah tangga di wilayah tersebut.

Proyek pembangunan energi ini juga berdampak pada dibangunnya fasilitas-fasilitas lain seperti pembangunan sekolah-sekolah baru, fasilitas sanitasi dan air bersih dan proyek-proyek irigasi bagi masyarakat sekitar.

Proyek Energi bagi Pembangunan Pedesaan dari UNDP ini adalah komponen penting dari Program Pembangunan Nasional Afghanistan yang saat ini berlangsung di tujuh provinsi yaitu: provinsi Badakhshan, Takhar, Samangam, Ghor, Herat, Bamiyan dan Panjshir.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs MRRD-NADP.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , ,



Related Posts

Butterfly - fmc.nikon.d40 @ Flickr
Lembaga Keanekaragaman Hayati Baru Terbentuk
No to Shark Fin Soup - Flickr
Rayakan Imlek dengan Menu Bebas Hiu
Modern irrigation - donjd2 @ Flickr
Mengelola Air Mengatasi Krisis Pangan
Lead warning - Joe Mabel
Polusi Timbel Picu Gangguan Jiwa
Walhi - Friends of the Earth Indonesia
Indonesia Butuh Pemimpin Peduli Lingkungan
Conservation International Logo
Nelayan Lestarikan Ikan Lema Melalui Peraturan Kampung


isafmedia @ Flickr
Energi Bersih Terangi Desa-desa Afghanistan

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Youtube