10 Cara Praktis Mendinginkan Ruangan

Cuaca saat ini semakin tidak menentu. Udara semakin panas bahkan di daerah yang seharusnya dingin sekalipun, sehingga banyak keluarga yang memilih menggunakan pendingin ruangan atau AC.

Padahal banyak cara untuk mendinginkan ruangan selain menghidupkan AC yang akan menyedot banyak energi. Berikut tips yang diambil dari situs Mom Goes Green yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Tutup tirai atau korden di beberapa jendela terutama saat hari panas untuk mencegah sinar matahari masuk. Sinar matahari membawa energi, sehingga akan memanaskan ruangan.

2. Gunakan kipas angin. Kipas angin selain membantu sirkulasi udara juga tidak banyak menyedot energi.

3. Setel pengatur suhu ruangan Anda. Anda tidak perlu mengaktifkannya pada sore hari atau saat Anda tidak berada di rumah.

4. Pada malam hari, matikan pendingin ruangan Anda, buka jendela dan biarkan udara dingin masuk untuk menurunkan suhu ruangan.


5. Atur suhu ruangan pada 22°C. Ini adalah suhu ideal bagi ruangan Anda, namun jika Anda masih bisa menaikkannya beberapa derajat, Anda bisa menghemat 3-4% biaya energi/pendinginan setiap derajat.

6. Jangan khawatirkan ruangan yang tidak terpakai. Tutup jendela, pintu dan lubang angin di ruangan tersebut dan tutup lubang di bawah pintu jika ruangan itu jarang digunakan.

7. Gunakan alat-alat listrik pada malam hari, termasuk pengering dan alat pencuci piring yang mengeluarkan panas. Namun hindari penggunaan oven. Alih-alih gunakan alat panggang sebagai alternatif! Dan jika Anda menggunakan kompor, gunakan sistem pembuangan udara untuk menyedot panas.

8. Matikan lampu, TV, komputer dsb, yang tidak terpakai. Semua peralatan itu juga mengeluarkan panas.

9. Letakkan peralatan penghasil panas (seperti TV, lampu dsb), jauh dari pengatur suhu ruangan (thermostat). Peralatan penghasil panas itu akan menyebabkan thermostat mengidentifikasi suhu ruangan lebih tinggi dari yang seharusnya.

10. Jangan tebang pohon yang menaungi rumah Anda. Pohon bisa mendinginkan rumah Anda dengan mudah. Atur pohon sedemikian rupa sehingga bisa membantu sistem pendinginan rumah Anda.

Coba salah satu atau beberapa di antara sepuluh tips di atas dan rasakan perbedaannya.

Redaksi Hijauku.com

Bookmark and Share

Tags: , , , , , , , , , , , ,



Related Posts

One Earth
We Only Have One EarthKita Hanya Memiliki Satu Bumi
chimothy27 @ Flickr
7 Alasan untuk Tertawa Lebih Lama
Areas prone to climate change - Apcomparative
Asia Bersiap Hadapi Perubahan Iklim
Flood - IRRI Image @ Flickr
Banjir Ancam Pulau-Pulau di Asia-Pasifik
Baby Turtles - Baby Animal Pictures
Perubahan Iklim Ancam Populasi Penyu
Crystal river United States - Travelbusy
Membersihkan Sungai Amerika


Diego3336 @ Flickr
10 Cara Praktis Mendinginkan Ruangan